Wisata Pulau Sumba Penuh Panorama Alam Asri Banget

Wisata Pulau Sumba yang berada di Nusa Tengga Timur atau disingkat NTT yang sangat terkenal dengan padang savananya, beberapa atraksi dari budaya Pasola serta perkampungan adat setempat yang masih asli. Tentunya menjadi hal yang menarik untuk dikunjungi, selain itu di Pulau Sumba juga memiliki keunikan alam tepatnya di kawasan Taman Nasional Menupeu Tanah Daru serta Laiwangi Wanggameti atau bisa juga disebut sebagai MataLawa. Sekaran ini Pulau Sumba lebih membutuhkan sarana konektivitas untuk pengembangan sektor pariwisata yang berasi pada ekologi serta budaya. Ada banyak sekali spot wisata populer yang telah banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara, seperti danau weekuri, pantai walakiri, puru kambera, kampung tarung, pantai nihiwatu, pantai londa lima, dan masih banyak tempat wisata yang terdapat di Pulau Sumba.

Bagi para keluarga yang ingin berkunjung atau berlibur ke Pulau Sumba untuk menikmati keindahan alamnya yang masih asri, ada baiknya jika ditemani oleh pemandu yang telah berpengalaman. Atau bisa juga dengan menghubungi warga setempat yang mungkin akan lebih mudah lagi jika si pemandu banyak mengetahui tempat-tempat yang indah untuk didatangi. Banyak sekali flora dan fauna yang terdapat di Pulau Sumba, hingga terdapat 2 Taman Nasional yang luas areanya mencakup beberapa daerah wisata Pulau Sumba yang terkenal. Tidak heran jika Pulau Sumba menjadi surganya para pelancong yang ini berwisata ke provinsi Busa Tenggara Timur ini. Adat budaya dari masyarakat yang masih kental, dan masih memegang teguh ajaran dari nenek moyang mereka menjadi nilai plus untuk diketahui.

Wisata Pulau Sumba Secuil Surga Bumi

1. Taman Nasional Laiwangi Wanggameti

taman nasional laiwangi wanggameti

Taman Nasional Laiwangi Wanggameti memiliki banyak sekali jenis tanaman dan hewan, keanekaragaman hayati yang terkumpul dan unik seperti flora, fauna serta eksotisme alamnya yang indah. Taman Nsional ini sangat penting lokasinya karena telah menjadi habitat berbagai hewan langka dan dilindungi seperti burung kakatua, Pungguk Wengi, Julang Sumba serta masih banyak fauna lain yang tak kalah menariknya. Taman Nasional Laiwangi Wanggameti sendiri berpotensi sebagai obyek wisata alam yang indah untuk dikunjungi oleh para wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Letaknya taman nasional ini berada di bagian selatan Pulau Sumba serta berjarak sekitar 100 Km dari Waingapu. Luas wilayah taman nasional ini mencakup 3 wilayah kecamatan yakni Kecamatan Paberiwai, Pinu Pahar serta Tabundung.

2. Danau Weekuri

danau weekuri

Danau Weekuri sangat terkenal karena letaknya yang berdekatan langsung dengan lautan dan hanya dipisahkan oleh beberapa batu karang. Danau yang indah ini berlokasi di Sumba Barat Daya di salah satu Kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Danau Weekuri menjadi obyek wisata paling unik di Pulau Sumba, karena air danaunya tidak tawar melainkan terasa asin. Danau yang terletak tepat di Desa Kalenarongo Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat daya. Danau ini tidaklah terlalu luas, bisa saja seperti luas lapangan sepakbola, dengan air yang bening sehingga dasarnya kelihatan tidak heran jika Danau Weekuri populer untuk dikunjungi oleh para wisatawan tanah air maupun wisatawan asing.

3. Pantai Nihiwatu

pantai nihiwatu
Wisata Pulau Sumba Paling Indah
Siapa sangaka jika Pantai Nihiwatu masuk dalam kategori 100 pantai terbaik di dunia, serta satu-satunya pantai di Indonesia yang telah terpilih menjadi pantai terbaik di Asia. Dengan garis pantai yang indah dengan hamparan lautan yang tak kalah indah, meski perlu waktu yang cukup panjang untuk mengunjungi pantai ini. Nihiwatu merupakan salah satu tujuan para peselancar dunia, karena keganasan dari ombak pantai yang menarik untuk ditaklukkan oleh peselancar profesional. Dengan pasir pantai putih disepanjang kurang lebih 2,5 km, menjadikan Pantai Nihiwatu satu dari sepuluh pantai terbaik di Asia.

4. Kampung Adat Praijing

kampung adat praijing

Kampung Adat Praijing berada di Desa Tebara, Kecamatan Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Rumah adat di Pulau Sumba ini juga biasa disebut sebagai Uma Bokulu atau Uma Mbatangu. Uma Mbatangu artinya rumah menara sedangkan Uma Bokulu berarti rumah besar. Kampung ini memiliki keunikan yang tidak biasa dijumpai sebelumnya, karena rumah besar dengan atap yang menjulang tinggi yang telah berhasil menarik para wisatawan untuk mampir ke tempat ini. Ada banyak sekali turis lokal maupun asing yang berkunjung ke Kampung Adat Praijing, dan tentunya akan sangan menguntungkan untuk para penduduk yang berdada di kampung itu. Karena adat budaya unik yang sayang sekali untuk dilewatkan jika berkunjung ke Pulau Sumba.

5. Air Terjun Tanggedu

air terjun tanggedu

Ternyata Pulau Sumba bukan hanya memiliki banyak garis pantai yang indah, bukit dengan panorama yang dramatis. Namun terdapat spot wisata yang tak kalah indahnya yakni Air Terjun Tenggedu. Air Terjun Tenggedu merupakan salah satu obyek wisata yang populer dikunjungi oleh banyak orang baik lokal maupun mancanegara. Posisi air terjun ini tepat berada di balik tebing-tebing, dengan jarak 46 km di bagian utara Kota Waingapu, dan akan melewati dua titik desa serta Kampung Adat Praikanatang dan tiba di air terjun yang eksotis ini. Air Terjun Tanggedu sendiri memiliki kolam-kolam air yang berwarna biru kemudian berpadu dengan dinding-dinding tebing batu serta pepohonan yang rindang, seolah memanjakan setiap mata yang melihatnya.

Sekianlah beberapa tempat wisata populer di Pulau Sumba indah cantik yang dapat dikunjungi pada saat berlibur atau berakhir pekan dengan keluarga tercinta. Setelah lama tidak berlibur dan selalu sibuk dengan pekerjaan di kantor, tentunya akan sangat membosankan. Silahkan simak juga artikel menarik yang lain.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Wisata Pulau Sumba Penuh Panorama Alam Asri Banget