Beberapa Tips Agar Aman Saat Melakukan Online Shopping, Mari Simak!

Hanya dengan meng-klik mouse ataupun memegang layar, Anda mampu membeli bermacam kebutuhan secara online – mulai dari kebutuhan rumah tangga hingga mobil. Dunia electronic commere (#ecommerce) telah membolehkan konsumen berbelanja di ribuan toko online dan membayarnya tanpa harus meninggalkan kursi empuk di rumah. Kedatangan internet jelas telah mengganti kerutinan berbelanja masyarakat modern. Mereka tak lagi membutuhkan banyak waktu keluar-masuk toko mencari kebutuhan karena semua telah ada secara online. Hmmm, semua nampak sangat mengasyikkan bukan?

Walaupun menjanjikan pengalaman berbelanja paling nyaman, berbelanja secara online tetap membutuhkan kecermatan. Hal ini disebabkan ada beberapa oknum bandel yang ternyata memanfaatkan layanan ini untuk keuntungan individu. Hasilnya, Anda bukannya mendapatkan barang idaman malah seperti “menyumbangkan” duit secara cuma-cuma.

online shopping

Eits, Anda tak perlu khawatir ataupun cemas berbelanja online karena ada trik yang bisa dilakukan agar aktivitas ini tetap mengasyikkan. bila penasaran, mari simak tips cara aman berbelanja online berikut ini:

1. Be Secure
Kartu merupakan tipe pembayaran yang paling banyak dipakai saat berbelanja online. Dalam hal ini, Anda harus mengingat bahwa kartu kredit Anda bertabiat statis. Maksudnya, nomor yang tertera tidak akan berbeda kecuali Anda menutup dan membuka account baru. Hal inilah yang perlu dicermati karena begitu data account tersebut bocor secara online, besar mungkin saja bisa disalahgunakan pihak tak bertanggung jawab.

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meminimalkan kemampuan kebocoran data, salah satunya merupakan dengan membenarkan web jual-beli online tercantum halaman aman. Anda bisa mengamatinya dengan mencari icon kunci gembok kecil yang bisanya terdapat pada pojok kanan atas URL bar.

Anda juga bisa membenarkan keamanan sebuah web dari ekstra huruf “s” pada alamat URL. Sebuah web yang aman akan diawali dengan https:// (Hypertext Transfer Protocol Secure), sedangkan halaman yang belum terjamin keamanannya biasanya berawalan http://.

2. Jangan Sembarangan Memberikan data
Saat akan melaksanakan transaksi pembelian, biasanya Anda harus mengisi beberapa data yang dibutuhkan seperti nama dan alamat. Acapkali, sebuah toko online juga akan berupaya mendapatkan data lebih yang akan dipakai sebagai strategi tingkatkan penjualan, seperti style hidup hingga pendapatan tahunan.

Jangan pernah menanggapi pertanyaan yang dirasa mencurigakan. Kalaupun menciptakan yang seperti itu, lebih baik tinggalkan dan carilah toko yang lain.

3. Kredit ataupun Debit
Bertransaksi online memang paling nyaman bila memakai kartu. Walaupun demikian, Anda hendaknya memakai kartu kredit dibanding kartu debit. Hal ini disebabkan kartu kredit adalah ekstensi dari kredit sedangkan kartu debit langsung mengambil duit dari account bank Anda. Tentu saja ini sangat riskan karena bila data tersebut bocor, hacker mampu dengan mudah mengacaukan keuangan Anda.

4. cermat halaman Tersebut Sebelum Membeli
Selalu ingat untuk melaksanakan transaksi dengan perusahaan yang telah Anda kenali. Kalaupun akan melaksanakan pembelian dari web yang masih asing, pastikan Anda melaksanakan riset kecil mengenai latar belakang toko onlne tersebut.

Sebuah toko online terpercaya biasanya melampirkan alamat raga ataupun minimun nomor telepon yang bisa dihubungi. Anda mampu menghubungi nomor yang tertera untuk membenarkan keasliannya, lalu tanyakan kepada mereka tentang cara toko online melayani komplain ataupun pengembalian barang.

5. Simpan Password Dengan Baik
Banyak web toko online mengharuskan setiap konsumen untuk log-in sebelum melaksanakan transaksi yang dilengkapi dengan username dan password. Buatlah password yang cukup susah dan jangan tunjukkan pada orang lain untuk mengestimasi terbentuknya hal-hal yang tak di inginkan.

Sekian beberapa tips sebelum berbelanja online atau online shopping yang bisa dijadikan panduan agar aman saat berbelanja online. Tetap berhati-hati saat belanja online, karena hal itu sangat penting demi kelancaran pembelian barang yang Anda inginkan. Selamat berbelanja online
Latest
Previous
Next Post »