Cegah Jerawat Muncul Sebelum Masa Haid Datang, Begini Langkahnya!

Mempersiapkan periode haid agar siap menghadapi dismenore atau nyeri haid rupanya penting dilakukan. Bagaimana mempersiapkan hal-hal lain pada siklus Anda seperti jerawat. Salah satu aspek yang paling membuat frustrasi dari jerawat periode adalah bahwa biasanya hanya datang, hilang, dan kembali. Berikut adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan sepanjang siklus Anda untuk mencegah jerawat, setidaknya tidak membuat lebih parah.


Produk yang sama yang dapat membantu pelarian aktif juga dapat membantu Anda mencegah yang lain. Mulailah dengan produk peroksida benzoil dalam kekuatan yang lebih rendah dan secara bertahap meningkat selama beberapa minggu. Produk yang mengandung asam alfa hidroksi, seperti asam glikolat dan asam laktat, dapat membantu menghilangkan sel kulit mati dan mencegah pori-pori tersumbat. Mereka juga membantu merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru sehingga kulit Anda terlihat lebih halus dan lebih jernih.

Produk asam salisilat juga merupakan pilihan yang baik. Mereka tersedia tanpa resep dalam kekuatan yang membentang dari 0,5 hingga 5 persen. Mereka menjaga pori-pori Anda dari penyumbatan untuk mencegah berjerawat. Untuk menghindari iritasi, mulailah dengan kekuatan yang lebih rendah dan tingkatkan sampai Anda tahu apa yang bisa ditangani kulit Anda.

Selain itu, diet juga hal yang berpengaruh dalam perkembangan jerawat. Ada beberapa bukti  terpercaya yang mengatur kadar gula darah Anda dengan mengonsumsi makanan yang memiliki indeks glikemik rendah (GI) dapat membantu mengatasi jerawat hormonal. GI adalah ukuran tingkat di mana makanan memicu kadar gula darah. Makanan tinggi GI yang dapat memperburuk jerawat di antaranya, makanan dan minuman manis, roti putih, dan makanan olahan lainnya. Banyak dari makanan yang sama ini telah dikaitkan dengan peningkatan peradangan, yang juga berperan dalam jerawat. Jika bisa, cobalah membatasi asupan makanan ini. Anda tidak perlu sepenuhnya menghindarinya, tetapi menguranginya mungkin memberi kulit Anda semangat.

Jika Anda terus mengalami jerawat periode setelah mencoba produk jerawat dan perawatan di rumah selama tiga siklus, pertimbangkan untuk konsultasi dengan dokter kulit Anda atau dokter kulit tentang perawatan jerawat. Dokter dapat merekomendasikan penggunaan satu atau kombinasi dari obat berikut:
  • Retinoid dapat mengobati jerawat ringan hingga sedang. Mereka dapat digunakan untuk pencegahan jangka panjang.
  • Pil KB telah terbukti meningkatkan jerawat hormonal.
  • Anti-androgen, seperti spironolactone, juga dapat membantu. Spironolactone diresepkan tanpa label, tetapi diketahui efektif untuk jerawat.

Mengenal Eco Racing, Penghemat BBM yang Banyak Manfaat

Apa Anda pernah mendengar yang namanya eco racing? Sebenarnya ini adalah sebuah temuan produk inovasi yang bermanfaat untuk melindungi mesin kendaraan sekaligus mampu menghemat penggunaan bahan bakar. Dengan penjabaran ini saja, tentunya Anda bisa menyimpulkan ada banyak manfaatnya, kan? Apalagi manfaat dari ini?


Manfaat
1. Menghemat Pemakaian BBM
Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, ada cukup banyak manfaat yang bisa didapat dengan ini. Salah satunya adalah bisa menghemat pemakaian bahan bakar dengan persentase antara 30 hingga 50 persen. Dengan ini, tentunya pengeluaran Anda akan menurun dan konsumsi bahan bakar jadi lebih efisien.

2. Mengoptimalkan Pembakaran Bahan Bakar
Penggunaan ini pada mesin juga bisa mengoptimalkan pembakaran bahan bakar. Nilai oktan pada bahan bakar yang menggunakan ini cukup besar yang artinya menunjukkan bahwa kualitas BBM tersebut bagus. Dengan ini, mesin Anda bisa melakukan pembakaran secara maksimal dan menghasilkan hasil yang lebih optimal.

3. Mesin Bersih dari Kotoran
Manfaat lainnya adalah mesin bisa lebih bersih dari kotoran. Itu karena ia mengandung bahan atau zat yang bisa membersihkan mesin. Tak hanya itu saja, air hujan yang masuk ke dalam juga bisa dipisahkan sehingga kinerja mesin Anda tak terganggu.

4. Mesin Akan Terasa Seperti Baru
Kemampuan dari ini juga sangat bagus untuk membuat kinerja mesin jadi lebih optimal. Mesin yang menjadi bersih akan membuat pembakaran sempurna. Dengan begitu, Anda akan makin merasa nyaman berkendara dan mesin terasa seperti baru.

5. Mengurangi Produksi Zat CO2
Saat pembakaran bahan bakar, biasanya zat CO2 akan terproduksi, kan? Namun, dengan teknologi ini, angka polusi dari CO2 akan berkurang dan bahkan bisa hilang. Oleh sebab itulah, penggunaan ini sangat dianjurkan karena ramah lingkungan.

Lalu, Bagaimana Cara Pemakaiannya?
Untuk Anda yang bingung bagaimana cara memakai produk ini, sebenarnya cukup mudah saja. Anda hanya perlu memasukkan satu tabletnya pada tangki bensin Anda ketika Anda mengisi bahan bakar. Nantinya, ia akan membuat konsumsi bahan bakar Anda menjadi lebih irit.

Jika Anda bertanya bagaimana dosis penggunaannya, sebenarnya mudah saja menghitungnya. Untuk satu tablet dari ini, Anda bisa menggunakannya pada 4 liter bensin. Jika Anda bertanya apakah menggunakannya berbahaya, jawabanya tidak. Ia tidak akan memberikan efek over dosis pada mesin Anda.

Hanya saja, kelemahan dari menggunakan ini adalah ia hanya memiliki efek satu kali pakai saja. Selain itu, khasiatnya akan tetap sama meskipun Anda menggunakan dosis ganda. Bila Anda memasukkan dua tablet ke dalam tangki 4 liter, maka fungsinya akan tetap satu tablet. Ketika melakukan pengisian ulang lagi, Anda tetap harus memasukkan lagi.

Nah, bagaimana? Berniat daftar eco racing sebagai pengguna aktif? Dengan mendaftarkan diri, Anda turut membantu menghadapi problem lingkungan karena penggunaan bahan bakar yang berlebihan serta juga membuat hemat pengeluaran diri sendiri.

Tips Merawat Sandal Bahan Kulit Biar Awet Tampil Keren

Tren sepatu serta sandal kulit laki-laki sebenarnya telah terdapat dari jaman dulu terpenting karna alas kaki juga memang mulanya dibuat dari kulit hewan. Karna keberadaan hewan yang biasa dijadikan alas kaki baik itu sandal wanita maupun sandal pria yang mulai dilindungi ataupun pemakaian kulit hewan selaku materi pakaian mulai dikritik oleh komunitas penggemar hewan, sehingga orang mulai memakai kulit artifisial selaku materi alas pabrikasi sepatu.


Biar sedemikian itu kini tren sepatu serta sandal kulit laki-laki itu seorang diri mulai merebak lagi. Sepatu kulit sedemikian itu digandrungi karna memang awet serta enak digunakan. biar perawatannya sedikit runyam dibandingkan sepatu pada biasanya, sepatu kulit konsisten aja terdapat di batin. Pecintanya terlebih berkenan melunasi mahal buat sepatu kulit yang telah menempel di batin.

Terlepas dari itu segala, pemeliharaan sepatu kulit pula layak buat dicermati serta inilah panduan buat memelihara sepatu kulit.

1. Janganlah digunakan tiap hari
Sepatu pula memerlukan rehat loh Prelovers, jadi upayakan janganlah pakailah sepatumu ini setiap hari ketika pergi kemanapun. paling tidak abaikan sepatu mu rehat selama minimal satu hari sehabis konsumsi.

2. Simpan dalam kondisi kering seratus persen
Setelah digunakan, yakinkan kondisi sepatu ataupun sandal dalam kondisi yang memang betul – betul kering biar enggak jadi jamur serta bau. hal sepatu yang akan dimasukkan ke dalam dus ataupun palas-palas, mesti telah bersih keadaan ini pasti bakal memanjangkan baya sepatu serta warnanya bakal konsisten serupa serupa dahulu dibeli.

3. Rajinlah menyemir sepatu
Minyak lincir sepatu dengan corak yang seperti serta produk yang memang baik buat membikin sepatu ataupun sandal kulit jadi konsisten kinclong serupa anyar.

4. Kasih lapisan anti air buat sepatu
Lapisan anti air ini saat ini sudah dijual dimana-mana serta terlebih dapat dibeli kala membeli sepatu itu juga. tapi, bdengani juga penggunaannya karna konsumsi yang amat kerap dapat membikin kulit jadi sulit ‘bernafas’.

5. Janganlah menunda buat mesterilkan noda lumpur
Noda lumpur yang sudah meringkai pasti lebih susah buat dibersihkan serta tentunya meninggalkan bekas yang tidak bakal awawarna. buat mengilangkan bekas lumpur, bisa dipakai lap berair serta gosok di bagian yang kotor aja kemudian segera keringkan.

6. Segera keringkan apabila terkena air
Pengeringannya juga pula mesti memakai alasan lap yang halus, apabila harus pakailah kapuk biar enggak menggarit alasan sepatu serta meninggalkan bekas yang enggak diinginkan.

7. Hindarkan dari pancaran sinar matahari dengan cara langsung
Paparan sinar matahari langsung kala menjemur sepatu dapat membuat remuk serta memudarnya corak sepatu kulit ini. buat menjemur sepatu ini seorang diri lebih baik dikeringkan di bawah bayangan aja alhasil lagi terkena anomali sinar matahari tapi enggak mengganggu kulit.

8. Kenali tipe sepatu kulit
Yakinkan tipe kulit dari sepatu ataupun sandal yang dipunya, tidak tahu itu artifisial ataupun kulit asli karna antagonisme tipe kulit membutuhkan pemeliharaan yang berlainan juga.

Memiliki sandal kulit ialah keadaan yang amat eksklusif. karna tidak cuma mmiliki eksklusif tersendiri sandal kulit pula ada kapasitas kuat yang lama. Sandal kulit amat sesuai buat digunakan dalam kegiatan absah. semisal kegiatan acara atau kegiatan persahabatan persaudaraan pada banyak orang pokok. hal bentuk sandal kulit dapat dicocokkan dengan kesukaan masing-masing.

Biar sandal dapat bertahan lama sehingga dalam perawatannya harus di cermati dengan baik. pemeliharaan sandal biasa dengan sandal kulit pastinya ada aturan yang berlainan. Salah dalam mempraktikkan pemeliharaan sehingga hasilnya juga enggak bakal maksimum. Begitulah aturan melindungi sepatu serta sandal kulit, Prelovers. memang runyam sih, tetapi bila udah cinta, dapat apa lagi betul kan? aman menguji!

Bahaya Penyakit Vertigo dan Perlunya Mengenal Fakta-fakta Dibalik Penyakit Tersebut

Penyakit vertigo mungkin tidak umum diderita oleh orang-orang disekitar kita tapi memberikan dampak yang luar biasa dahsyat. Sebab, penderita vertigo akan merasakan pusing tujuh keliling hingga kehilangan konsentrasi dan keseimbangan. Jangankan untuk berkonsentrasi, untuk berdiri sekalipun penderita vertigo akan kesulitan karena kehilangan keseimbangannya.


Meskipun vertigo tergolong berbahaya dan sangat menyakitkan, akan tetapi Anda tidak perlu khawatir karena sudah ada Obat pusing goapotik seperti pada link berikut https://www.goapotik.com/produk/mertigo-6-mg-tablet-strip. Akan tetapi, selain mengonsumsi obat, kita tentu perlu mengenal lebih jauh tentang penyakit yang satu ini. Berikut ini beberapa fakta seputar vertigo yang perlu diketahui.

Kekurangan vitamin B12
Tubuh manusia membutuhkan berbagai macam asupan nutrisi agar bisa menjalankan sistem organ tubuh secara optimal. Mulai dari karbohidrat, protein, lemak sampai berbagai vitamin dibutuhkan agar tubuh kita sehat. Tak terkecuali vitamin B12, vitamin yang bisa berdampak pada kesehatan tubuh manusia.

Ketika tubuh kekurangan vitamin B12, maka tubuh akan merespon dengan hilangnya keseimbangan. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya pasokan darah ke otak yang berujung pada kurangnya keseimbangan dan rasa pusing yang luar biasa dahsyat. Oleh karena itu, Anda perlu menjaga betul konsumsi makanan dengan memenuhi vitamin B12 dalam setiap lauk pauknya

Bisa disebabkan efek samping obat
Setiap obat yang kita minum tentu bertujuan untuk menyembuhkan suatu penyakit. Obat diciptakan untuk membantu mengatasi virus penyakit agar pergi dan membuat tubuh sehat kembali. Tapi, tidak hanya itu saja, obat juga bisa mendatangkan efek samping ke tubuh kita dan hal tersebut perlu benar-benar kita waspadai.

Salah satu efek samping yang ditimbulkan dari konsumsi obat adalah vertigo. Vertigo bisa terjadi saat seseorang mengonsumsi obat dengan dosis yang terlalu tinggi. Hal ini lebih rentan terjadi pada orang yang belum pernah mengonsumsi obat tersebut dan baru mencobanya untuk pertama kali. Tubuh yang masih beradaptasi dengan dosis obat tersebut bisa saja tidak merasa siap hingga akhirnya menyebabkan terjadinya vertigo.

Mengenal fakta-fakta seputar vertigo sangat berguna untuk melakukan langkah pencegahan sekaligus melindungi Anda dari kondisi yang tidak nyaman saat vertigo menyerang. Akan tetapi, usahakan untuk selalu membaca info kesehatan lainnya seperti tips luka cepat kering. Semoga bermanfaat.

Yuk Simak, Beberapah Hal Yang Perlu Diketahui Saat Traveling Dengan Pesawat Terbang

Apa aja panduan traveling naik pesawat bersama-sama anak? Dalam kans kali ini kita coba sebarkan sedikit ceritanya. sebagian durasi yang kemudian, kita jalan-jalan serta liburan keluarga ke cucuk. kamu dapat baca pengetahuan kecil keluarga kita pada catatan sebelumnya. Kita pergi menuju ke cucuk melalui sebagian kolom. Yang pertama adalah terbang naik pesawat dari Bandung ke Pekanbaru. alternatif kongsi kita ketika itu adalah pesawat Air Asia. ekspedisi terbang menginginkan durasi sekeliling 1 jam 50 menit.


Durasi yang agak jauh serta meletihkan, terpenting buat anak. Oleh karna itu, kamu harus cermati sebagian panduan traveling naik pesawat bersama-sama anak. meskipun perjalanannya enggak sepanjang ketika ekspedisi naik sepur api, yang telah kita ceritakan sebelumnya. hendaknya stori pengetahuan kali ini berfaedah buat kamu sekaligus.

Panduan Traveling Naik Pesawat bersama-sama Anak
Kenapa kita menentukan traveling naik pesawat?
Pertama diamati dari tujuannya. kita mau pergi ke Riau. bakal amat meletihkan apabila bepergian naik mobil ke situ. bepergian naik pesawat, meskipun tiketnya relatif lebih tinggi, dari bidang durasi bakal jauh lebih lekas serta efisien.

Kedua, membeli tiket pesawat yang seperti dengan perhitungan telah amat gampang. bercokol catatan online melalui ponsel pintar, seleksi penerbangan serta lakukan pelunasan dengan internet banking. enggak lamban setelah itu, tiket pesawat telah masuk serta kita dapat di dalam email.

Bepergian naik pesawat telah enggak “barang mewah”. kamu dapat traveling dengan dana yang amat ekonomis bila kamu cerdas mencari tiket pesawat. kongsi kerap melangsungkan promo tiket dengan harga ekonomis, kamu bercokol ikuti informasinya di alat sosial setiap kongsi.

Ekspedisi kali ini adalah pengetahuan pertama naik pesawat buat anak beruju. sebaliknya abang telah sempat naik pesawat ketika prei Idul Fitri sebagian tahun yang kemudian.

Selaku orang tua, pasti kita mau ekspedisi terbang kali ini aktif dengan terjaga, enak serta persisnya durasi. Oleh karna itu, aku bersama-sama dengan suami menguji semantap daya buat senantiasa membikin kanak-kanak enak selagi ekspedisi. Tujuannya agar kanak-kanak dapat menikmati ekspedisi serta enggak amat banyak bicara.

Bayangkan apabila ketika di pesawat, sontak anak banyak bicara ataupun tantrum. gimana repotnya? pasti bakal amat repot serta dapat merisaukan penumpang yang lainnya. Oleh karna itu kali ini kita coba memberi panduan traveling naik pesawat bersama-sama anak.

Hadir ke Bandara Lebih dahulu
Panduan traveling naik pesawat yang pertama adalah hadir ke bandara jauh lebih dahulu. kenapa lebih dahulu? keadaan yang setidaknya penting adalah kita enggak ingin terburu-buru ketika di bandara. lekas check in serta lainnya.

Kita lazim datang di bandara 1 sampai 2 jam sebelum agenda pesawat angkat kaki. Oleh karna itu, perencanaan kita ketika di rumah mesti jauh lebih dahulu. ketika ingin naik pesawat, terdapat melimpah untaian cara yang mesti dilewati calon penumpang.

Mulai dari check in ke counter kongsi, menakar serta mengabadikan benda bawaan buat masuk barang pesawat. sehabis itu, calon penumpang diperbolehkan buat menanti mengharap di bilik menunggu kepergian sebelum dipanggil masuk ke dalam pesawat.

Calon penumpang enggak dapat terburu-buru dengan segala cara itu. Penumpang di pesawat berjumlah puluhan sampai ratusan orang sekalian. segalanya mesti dilayani satu persatu buat cara check in serta penyimpanan bagasinya.

Oleh karna itu, panduan traveling naik pesawat yang pertama ini amat pokok. janganlah hingga hadir amat berhimpit ke bandara. dipastikan kamu bakal lebih enak melaksanakan untaian cara check in ke pesawat kamu.

Macam Macam Resep Kue Kering Favorit Bikin Enak Banget

Macam Macam Resep Kue Kering Favorit Bikin Enak Banget - Hari raya idul fitri tinggal menghitung hari. Berbagai persiapan dan pernak pernik tengah dipersiapkan dalam menyambut hari kemenangan tersebut. Resep kue kering semprit putri salju sagu coklat sederhana terbaru lebaran keju kacang tanpa oven dari tepung ketan.

Para ibu-ibu sepekan terakhir sibuk di dapur untuk membuat berbagai kue-kue kering yang akan disajikan pada waktu Hari Raya Idul Fitri. Kanji nastar unik dan lucu blue band beras rose brand ubi ungu almond asin abon akar kelapa crispy bawang ala monde.Beberapa kue-kue kering yang sering disajikan antara lain :
resep kue kering

Resep Kue Kering Lezat

1. Kue Nastar
Kue ini sudah tidak asing lagi di telinga kalangan penggemar kue kering menjelang Lebaran. Angka 8 cheese amei anak anti gagal anna olson pinang aneka rasa apel bolen amandel wijen bihun bentuk ulat. Kue nastar nanas sering disajikan pada saat hari raya Lebaran.

Mendekati Lebaran orang berbondong-bondong untuk membeli kue ini. Kuping gajah kurma kopi bagea bimoli strawberry biji ketapang bugis brownies bola cookies baruasa semangka bangkit berbahan dasar. Kue nastar menjadi sangat primadona saat hari raya idul fitri, karena rasanya yang manis, gurih dan renyah bercampur menjadi satu. Maizena choco chip cornflakes crackers belang coco crunch ncc celup tanah mede chocolatos cumcum mini putih telur.Kue nastar biasanya berbentuk bulat dan di dalamnya terdapat selai nanas.

2. Kue Semprit
Kue kering ini berbentuk bunga dan berhiaskan sukade (irisan buah kering) di bagian tengahnya. Basah tapioka dahlia dapur dina mocaf dengan happy call digoreng kentang donat singkong durian diah didi bebek enak. Tampilan yang sangat menarik tersebut, siapa yang tidak akan terpukau ingin memakannya? Bahan-bahan pembuatan kue tersebut banyak menggunakan tepung terigu.

Emping energen ekonomis lembut emoticon ebi renyah madu ny liem egg drop untuk jualan roll empuk gurih es krim.Sukade dalam resep kue semprit ini sejenis manisan kering dari labu. Proses pembuatannya hanya membutuhkan waktu 1 jam.

3. Kue Kastengel
Kue ini diadaptasi dari negeri kincir angin. Kastengel sering menjadi icon di hari raya Idul Fitri. Eggless mudah fatmah bahalwan fah umi yasmin femina freezer free gluten fantasi manado fruit mix florentine forvita. Tak lengkap rasanya apabila tidak ada setoples kue berisi Kastengel dan Nastar. Rasa kue yang asin gurih dan bertabur keju kering menjadi favorit banyak orang.

Untuk adonan kue Kastengel, biasanya para koki menggunakan keju edam, namun apabila sulit ditemukan di pasaran, biasanya menggunakan keju cheddar. Kue ini berbentuk persegi panjang. Pie farah quinn facebook favorit fatma famous amos cup fancy goreng gula merah yang palem green tea good time. Agar tidak hancur pada saat di panggang, sebaiknya berikan jarak yang cukup antara kue satu dengan yang lainnya sehingga panas di oven dapat merata. Setelah di keluarkan dari oven, biarkan benar-benar dingin dan baru dipindahkan ke stoples.

4. Kue Putri Salju
Kue putri salju merupakan perpaduan antara rasa gurih dengan kacang mede di dalam adonan kue. Garing garpu terigu gampang genji gabus garut havermut hias glasur happycall hitam manis huruf hari raya hesti hemat. Rasa manis gula halus mengkombinasi kue ini, sehingga kue kering ini menjadi kegemaran semua orang, baik tua maupun muda. Resep kue putri salju ini juga mudah untuk dipraktekkan.

Pada saat mencetak adonan membentuk kelereng, janganlah terlalu besar karena apabila adonan terlalu besar menyebabkan matang tidak merata. Hesti's kitchen hercules kismis holland hujan gerimis royal icing ina isi ibu wafer sugar irit bahan istimewa bandung ikan. Untuk variasi, kacang mede bisa diganti dengan kacang tanah. Namun, rasa gurih di dalam kue akan terasa sedikit. Untuk gula halus, pilihlah gula halus yang berkualitas dan tidak lembab. Sebab, gula lembab mengakibatkan penampilan kue di dalam stoples tidak menarik.

5. Kue Lidah Kucing
Kue Lidah Kucing diadaptasi dari Belanda 'kattetong' yang berarti lidah kucing. Internasional idul adha vla selai nanas janda genit jaman dulu jakarta jtt jahe jintan jagung jajanan pasar jnc warung. Dari segi penampilannya yang panjang dan tipis, kue ini pantas disebut dengan istilah Lidah Kucing. Proses pembuatannya cukup mudah dan bahan-bahannya cukup mudah didapat.

Yang perlu diperhatikan adalah pada saat proses pemanggangan. Jeruk j&c jepang janhagel jari jambu mete janit purut karakter kartun kastengel kekinian giling keto hijau kukus. Jangan gunakan oven dengan suhu yang terlalu tinggi, cukup 160 derajat saja dengan lama pemanggangan 20 menit. Jika menggunakan suhu terlalu tinggi, maka kue ini akan mudah gosong di bagian pinggirnya, dan lembek di bagian tengahnya

Wisata Pulau Sumba Penuh Panorama Alam Asri Banget

Wisata Pulau Sumba yang berada di Nusa Tengga Timur atau disingkat NTT yang sangat terkenal dengan padang savananya, beberapa atraksi dari budaya Pasola serta perkampungan adat setempat yang masih asli. Tentunya menjadi hal yang menarik untuk dikunjungi, selain itu di Pulau Sumba juga memiliki keunikan alam tepatnya di kawasan Taman Nasional Menupeu Tanah Daru serta Laiwangi Wanggameti atau bisa juga disebut sebagai MataLawa. Sekaran ini Pulau Sumba lebih membutuhkan sarana konektivitas untuk pengembangan sektor pariwisata yang berasi pada ekologi serta budaya. Ada banyak sekali spot wisata populer yang telah banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara, seperti danau weekuri, pantai walakiri, puru kambera, kampung tarung, pantai nihiwatu, pantai londa lima, dan masih banyak tempat wisata yang terdapat di Pulau Sumba.

Bagi para keluarga yang ingin berkunjung atau berlibur ke Pulau Sumba untuk menikmati keindahan alamnya yang masih asri, ada baiknya jika ditemani oleh pemandu yang telah berpengalaman. Atau bisa juga dengan menghubungi warga setempat yang mungkin akan lebih mudah lagi jika si pemandu banyak mengetahui tempat-tempat yang indah untuk didatangi. Banyak sekali flora dan fauna yang terdapat di Pulau Sumba, hingga terdapat 2 Taman Nasional yang luas areanya mencakup beberapa daerah wisata Pulau Sumba yang terkenal. Tidak heran jika Pulau Sumba menjadi surganya para pelancong yang ini berwisata ke provinsi Busa Tenggara Timur ini. Adat budaya dari masyarakat yang masih kental, dan masih memegang teguh ajaran dari nenek moyang mereka menjadi nilai plus untuk diketahui.

Wisata Pulau Sumba Secuil Surga Bumi

1. Taman Nasional Laiwangi Wanggameti

taman nasional laiwangi wanggameti

Taman Nasional Laiwangi Wanggameti memiliki banyak sekali jenis tanaman dan hewan, keanekaragaman hayati yang terkumpul dan unik seperti flora, fauna serta eksotisme alamnya yang indah. Taman Nsional ini sangat penting lokasinya karena telah menjadi habitat berbagai hewan langka dan dilindungi seperti burung kakatua, Pungguk Wengi, Julang Sumba serta masih banyak fauna lain yang tak kalah menariknya. Taman Nasional Laiwangi Wanggameti sendiri berpotensi sebagai obyek wisata alam yang indah untuk dikunjungi oleh para wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Letaknya taman nasional ini berada di bagian selatan Pulau Sumba serta berjarak sekitar 100 Km dari Waingapu. Luas wilayah taman nasional ini mencakup 3 wilayah kecamatan yakni Kecamatan Paberiwai, Pinu Pahar serta Tabundung.

2. Danau Weekuri

danau weekuri

Danau Weekuri sangat terkenal karena letaknya yang berdekatan langsung dengan lautan dan hanya dipisahkan oleh beberapa batu karang. Danau yang indah ini berlokasi di Sumba Barat Daya di salah satu Kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Danau Weekuri menjadi obyek wisata paling unik di Pulau Sumba, karena air danaunya tidak tawar melainkan terasa asin. Danau yang terletak tepat di Desa Kalenarongo Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat daya. Danau ini tidaklah terlalu luas, bisa saja seperti luas lapangan sepakbola, dengan air yang bening sehingga dasarnya kelihatan tidak heran jika Danau Weekuri populer untuk dikunjungi oleh para wisatawan tanah air maupun wisatawan asing.

3. Pantai Nihiwatu

pantai nihiwatu
Wisata Pulau Sumba Paling Indah
Siapa sangaka jika Pantai Nihiwatu masuk dalam kategori 100 pantai terbaik di dunia, serta satu-satunya pantai di Indonesia yang telah terpilih menjadi pantai terbaik di Asia. Dengan garis pantai yang indah dengan hamparan lautan yang tak kalah indah, meski perlu waktu yang cukup panjang untuk mengunjungi pantai ini. Nihiwatu merupakan salah satu tujuan para peselancar dunia, karena keganasan dari ombak pantai yang menarik untuk ditaklukkan oleh peselancar profesional. Dengan pasir pantai putih disepanjang kurang lebih 2,5 km, menjadikan Pantai Nihiwatu satu dari sepuluh pantai terbaik di Asia.

4. Kampung Adat Praijing

kampung adat praijing

Kampung Adat Praijing berada di Desa Tebara, Kecamatan Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Rumah adat di Pulau Sumba ini juga biasa disebut sebagai Uma Bokulu atau Uma Mbatangu. Uma Mbatangu artinya rumah menara sedangkan Uma Bokulu berarti rumah besar. Kampung ini memiliki keunikan yang tidak biasa dijumpai sebelumnya, karena rumah besar dengan atap yang menjulang tinggi yang telah berhasil menarik para wisatawan untuk mampir ke tempat ini. Ada banyak sekali turis lokal maupun asing yang berkunjung ke Kampung Adat Praijing, dan tentunya akan sangan menguntungkan untuk para penduduk yang berdada di kampung itu. Karena adat budaya unik yang sayang sekali untuk dilewatkan jika berkunjung ke Pulau Sumba.

5. Air Terjun Tanggedu

air terjun tanggedu

Ternyata Pulau Sumba bukan hanya memiliki banyak garis pantai yang indah, bukit dengan panorama yang dramatis. Namun terdapat spot wisata yang tak kalah indahnya yakni Air Terjun Tenggedu. Air Terjun Tenggedu merupakan salah satu obyek wisata yang populer dikunjungi oleh banyak orang baik lokal maupun mancanegara. Posisi air terjun ini tepat berada di balik tebing-tebing, dengan jarak 46 km di bagian utara Kota Waingapu, dan akan melewati dua titik desa serta Kampung Adat Praikanatang dan tiba di air terjun yang eksotis ini. Air Terjun Tanggedu sendiri memiliki kolam-kolam air yang berwarna biru kemudian berpadu dengan dinding-dinding tebing batu serta pepohonan yang rindang, seolah memanjakan setiap mata yang melihatnya.

Sekianlah beberapa tempat wisata populer di Pulau Sumba indah cantik yang dapat dikunjungi pada saat berlibur atau berakhir pekan dengan keluarga tercinta. Setelah lama tidak berlibur dan selalu sibuk dengan pekerjaan di kantor, tentunya akan sangat membosankan. Silahkan simak juga artikel menarik yang lain.